Hasil Analisa Awal : JUZ 1


Secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 1 adalah sebagai berikut;

  • Visi yang jauh kedepan. (Al-Fatihah)
  • Tipikal pekerja keras, tahan banting dan cenderung mampu bekerja dib awah tekanan (Al-Baqarah)
  • Mudah terjebak merasa di posisi tinggi atau kesalahan di dalam mengambil keputusan (Al-A’raf)
  • Kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi yang cukup tinggi, pandai bergaul dan mampu bekerja dalam team-work (An-Naml)
  • Tipikal mereka yang suka mencari-cari, meneliti, dan eksplorasi tentang banyak hal. Umumnya menyukai Iptek (Saba)
  • Memiliki obsesi yang kuat untuk bermanfaat dimasyarakat dan menjadi pelindung keluarga. Kata-katanya tajam (An-Nahl)
  • Tipikal penakluk baik itu mungkin soal hobi, ilmu, dan sebagainya . Jika tidak terkendali sangat ambisius atau sulit mengalah (Al-Fath)

ANALISIS

Secara umum, tipekal orang berjuz 1 memiliki ciri khas dan karakter dasar yang menonjol pada visinya yang jauh, pekerja keras – bahkan mungkin sampai mampu bekerja dibawah tekanan. Selain itu orang dengan tipe ini sangat pandai bersosialisasi serta menyukai eksplorasi atau segala bentuk inovasi teknologi yang terbaru. Biasanya kecendrungan kepada bidang iptek begitu tinggi.

Potensi dasar orang berjuz 1, lainnya adalah penakluk, artinya jika orang dengan tipe ini menginginkan ilmu atau hobi maka ia akan kejar ilmu atau hobi yang diminati sampai terpenuhi. Jadi, positif atau negatif akibatnya tergantung dari apa yang diminatinya. Jika hobinya positif maka tentu saja positif hasilnya, begitupun sebaliknya. Untuk itulah orang tua yang mempunyai anak berjuz 1 maka mereka harus menjaga minat dan hobi anaknya. Doronglah sejak dini mereka pada minat, hobi, atau pengetahuan yang sangat dibutuhkan bagi kehidupannya.

Secara matematis mereka yang berjuz 1 berpeluang besar menjadi seorang yang sukses. Perhatikanlah berbagai potensi dasar yang dimilikinya, sangat mendukung dan melancarkan proges kearah itu. Bukankah seseorang yang ingin sukses harus bervisi kedepan, memiliki kemampuan untuk bekerja keras, pandai berinteraksi untuk menjaring koneksi atau hubungan, menyukai sesuatu yang baru serta memiliki semangat penaklukan. Bersyukurlah jika anda anak putra/i anda berjuz 1, karena modal awal untuk maju dan sukses telah anda atau anak anda miliki.
Kekurangan yang paling pokok dari orang yang berjuz 1 adalah mereka mudah bosan, jika kebuntuan menghadang mereka mudah menyerah, mudah terjebak pada ketinggian hati serta sangat ambisius. Jelas, jika potensi dasar tersebut tidak terkendali atau tidak sejak dini dikendalikan dengan baik maka akan mengganggu perjalanannya menuju kesuksesan dan kebahagiaan.

Comments are closed.

%d bloggers like this: