Hasil Analisa Awal : JUZ 11


Secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 11 memiliki potensi dan karakter dasar sebagai berikut ;

  • Mudah mema’afkan (At-Taubah)
  • Mudah ngambek atau tersinggung (Yunuus)
  • Jika sedikit saja menerima pola asuh yang salah akan mudah liar atau sulit dikendalikan (Huud)
  • Berpotensi memiliki sifat sulit ditebak – umumnya jika ia memiliki 2 Surat apalagi lebih Surat-Surat Mutasyabihat yang nama Suratnya sama dengan Ayat pertamanya, seperti Surat Yasin, Shaad dan sebagainya maka orang ini menjadi pendiam – paling tidak diawal penampilannya. (Yaasin)
  • Kemampuan diplomasi yang cukup baik (Al-Kaafirun)
  • Sebagaimana hidangan yang secara alami mengundang banyak orang – begitu pula orang yang dipengaruhi surat ini. Ia mudah menyebabkan orang mengeksploitasi dirinya. Akan tetapi, jika memiliki potensi lainnya yang kuat maka justru ia dapat menjadi orang yang banyak dibutuhan. (Al-Maidah)
  • Terkadang kata-katanya tajam dan memiliki obsesi untuk bermanfaat bagi keluarga dan umat manusia. (An-Nahl)
  • Jika kurang spiritualnya maka pengaruhnya mudah terjebak pada kondisi merasa lebih tinggi atau mulia dari yang lain – dan cendrung mudah jatuh. Jika potensi ini ditempatkan secara tepat maka umumnya mereka akan selalu menjadikan paradigma hidupnya begitu tinggi yaitu pada tempat yang tertinggi sesuai dengan pandangan hidupnya.(Al-A’raf)

ANALISIS

Orang yang ber-Juz 11 cendrung mudah mema’afkan orang lain. Akan tetapi, jika ia disakiti orang sementara orang itu pernah dibantunya misalnya maka jika tidak terkendali sumpah serapah dan kata-kata pedas lainnya mudah terlontar. Potensi ini ada pada setiap orang namun orang yang memiliki potensi Surat At-Taubah cendrung seperti itu. Tentu saja-semuanya tergantung kecerdasan emosional dan spiritualnya.

Selain itu, Orang Juz 11 perlu dijaga dengan baik agar jangan salah asuh atau kurang menerima pencerahan spiritual, mengingat mereka mudah menjadi sulit untuk dikendalikan jika kurang terkontrol baik.

Kemampuan diplomasi orang Juz 11 juga sangat menonjol – cocok jika ia ditempatkan pada bidang pemasaran atau diplomat sekalipun. Kemampuan ini jelas sangat bagus jika dikembangkan sejak dini – apalagi Juz 11 memiliki daya tarik alami tersendiri – lagi kemampuan melayani cukup baik. Memang, Juz 11 orangnya cendrung mudah ngambek – akan tetapi mereka selain sangat pema’af juga kepekaan sosialnya cendrung sangat tinggi.

Comments are closed.

%d bloggers like this: