Hasil Analisa Awal : JUZ 12


Secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 12 potensi dan karakter dasar sebagai berikut ;

  • Potensi sulit dikendalikan jika ia sedikit saja menerima kesalahan didalam mendidik – lihatlah Surat-surat yang ayatnya 11 mengisyaratkan kondisi yang sulit untuk dikendalikan, seperti Surat 62, 63, 93, 100 dan 101 (Huud)
  • Polos, mudah dieksploitasi lagi banyak menyimpan kesulitan pada hatinya – namun tahan banting (Yusuuf)
  • Mudah mema’afkan (At-Taubah)
  • Kokoh Ath-Thur adalah bukit dimana Nabi Musa mendapatkan amanah dari Allah. Umumnya orang yang dipengaruhi Surat ini kokoh dan tahan banting, berani menghadapi resiko.(Ath-Thuur)
  • Jika menginginkan sesuatu ingin cepat – tidak sabaran (Al-Waqiah)
  • Memiliki obsesi untuk bermanfaat bagi keluarga dan umat manusia, semangat melindungi keluarga dan cendrung kata-katanya tajam (An-Nahl)
  • Mudah ngambek atau tersinggung (Yunuus)
  • Produktif (Al-An’am)
  • Pandai membangun jaringan (Al-Ankabuut)
ANALISIS

Umumnya orang yang ber-Juz 12 polos, cendrung menyimpan apa yang dirasakannya didalam hatinya. Lihatlah Surat-Surat yang ayatnya ada 12 bermakna menahan tekanan. Yaitu surat At-Tholaq (perceraian) dan At-Tahrim (Pengharaman). Tentu saja jika berlebihan akan sangat berbahaya bagi kesehatan dirinya. Selain itu, orang ber-Juz 12 karena banyak memendam apa yang dihadapinya maka dalam jangka pendek terlihat kesabaran yang ada pada dirinya. Sebenarnya kondisi ini harus diwaspadai agar potensi Surat Hud-nya tidak mendominasi. Untuk itu Juz 12 perlu selalu diajak dialog dari hati-kehati khususnya jika ia banyak berinteraksi dengan sesuatu yang dicurigai negatif.

Memang Orang Juz 12 cukup tahan banting – lagi kokoh laksana kokohnya sebuah bukit (Thursina). Akan tetapi jika tidak hati-hati api yang ada secara natural pada dirinya akan mengganggu kondisi psikis atau jiwanya yang tentu saja sangat membahayakan atas kesehatannya. Memang api yang ada biasanya hanya akan menyebabkan ia mudah ngambek namun tidak jarang dapat meledak-ledak jika kontrol dirinya kurang.

Kelebihan orang Juz 12 adalah sangat sayang, penuh perhatian serta penuh tanggung-jawab kepada keluarganya. Memang ia sangat sensitif mengingat adanya potensi An-Nisa ini. Juga orang 12 cukup produktif serta piawai dalam membangun jaringan

Comments are closed.

%d bloggers like this: