Hasil Analisa Awal : JUZ 14


Secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 14 memiliki potensi dan karakter dasar sebagai berikut ;

  • Orangnya tipikal pencari kebenaran dan sangat berani untuk berkorban demi perjuangan atau cita-cita. Sering muncul pada dirinya sikap boros. (Ibrahim)
  • Orangnya keras, umunya hanya dapat ditaklukkan dengan mudah jika dihadapi dengan kelembutan. Biasanya padanya potensi spiritual yang menakjubkan jika dikembangkan.(Al-Hijr)
  • Produktif dan sangat mengayomi keluarga. Cendrung kata-katanya tajam. (An-Nahl)
  • Berpikir logis dan mengedepankan bukti (Al-Bayyinah)
  • Tulus didalam membantu orang. Jika tidak terkendali mudah boros (Al-Ikhlas)
  • Humanis (Al-Hajj)
  • Produktif (Al-An’am)
  • Biasanya orang yang dipengaruhi Surat ini sangat menyukai aturan main atau aturan yang berlaku. Ia adalah profil orang yang tidak ingin melabrak peraturan yang berlaku.
  • Jeleknya orang ini jika tidak normal pengaruhnya dapat menyebabkan ia statis dan tidak mau melakukan perubahan dengan apa yang ada disekitarnya – walau keadaan atau peraturan tersebut sangat diskriminatif atau sangat jauh dari prinsip kebenaran. (Ash-Shofat)

ANALISIS

Umumnya orang yang ber-Juz 14 – mudah menerima perubahan untuk pencerahan dirinya. Disini symbol Ibrahim sangat kental. Keberanian berkorban untuk sesuatu yang diyakininya sangat kental padanya. Memang orang Juz 14 ada keras kepalanya – akan tetapi komposisi ayatnya yang ada pada Surat Al-Hijr sebanyak 98 membuatnya gampang ditaklukkan dengan diajak untuk berpikir logis dan dibawakan berbagai bukti yang meyakinkan. Dengan adanya potensi Surat 98 itulah menjadi jalan keras-kepalanya dapat ditaklukkan dengan argumentasi logis. Terlebih lagi pada Juz 14 pengaruh Surat 14 sangat kuat yang membuatnya aktif mencari nilai-nilai kebenaran sejati.

Orang 14 juga dengan komposisi Surat Al-Hajj, Ibarahim serta An-Nahl menyebabkan mereka suka membantu orang – bahkan, kecendrungan boros bisa saja terjadi jika tidak dilatih sejak dini kecerdasan emosionalnya.

Selain itu potensi Surat Al-Hajj menyebabkan orang Juz 14 sangat menjaga nilai-nilai kemanusiaan universal yang anti diskriminatif. Jika Anak Anda ber-Juz 14, binalah ia dengan pendekatan logis untuk meminimalkan potensi keras kepalanya dan tumbuhkan terus potensi cara pandangnya tentang manusia. Dengan sedikit diberikan ajaran Tauhid maka akan muncul sikapnya yang peduli kepada sesama, anti penindasan, cinta kebenaran dan pelindung keluarga serta semangat untuk hidup bermanfaat bagi manusia.

Comments are closed.

%d bloggers like this: