Hasil Analisa Awal: JUZ 2


Secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 2 adalah sebagai berikut;

  • Tipikal pekerja keras – tangguh bekerja di bawah tekanan (Al-Baqarah)
  • Temperamental atau emosional namun sesaat, sensitif, perasa, dan sangat empati kepada sesama (Al-Lahab)
  • Obsesi yang kuat untuk bermanfaat pada keluarga dan masyarakat. Terkadang jika tidak suka kepada seseorang kata-kata yang dilontarkan sangat menusuk hati. (An-Nahl)
  • Tulus dan mudah membantu orang lain – bahkan terkadang berani berkorban untuk itu dan cendrung boros (Al-Ikhlas)

ANALISIS
Melihat Struktur Juz 2, dapatlah kita simpulkan karakter khas yang dimiliki orang yang berjuz 2 sangat emosional, mudah marah lagi terkadang sering meletup-letup karena ia dipengaruhi oleh Surat Al-Lahab. Meski emosi yang terjadi memang hanya sesaat, namun hal itu tentu tidak bagus jika tidak terkendali.

Dari sini juga kecerobohan selalu mengganggu langkah maju orang dengan tipe juz ini. Saya katakan ceroboh – karena sering kali orang berjuz 2 apabila struktur tanggalnya tidak melahirkan potensi yang mengimbangi karakter negatif di dalamnya, orang dengan tipe ini akan cepat bertindak atau tergesa-gesa mengambil keputusan. Ini bukan berarti nalarnya tidak jalan namun seringkali itu terjadi karena perasaan atau emosinya lebih didahulukan.
Umumnya orang yang berjuz 2 cengeng, sensitif, perasa, dan mudah iba dengan kesulitan orang lain. Akan tetapi, jika tidak terkontrol ia mudah berspekulasi dalam berbagai hal sehingga ia akrab dengan kesalahan di dalam mengambil keputusan.

Orang yang berjuz 2 juga menonjol sifat suka berkorbannya untuk membantu orang lain. Baginya kebahagiaan adalah selepas membantu orang lain. Jika ia tidak terkendali maka keborosan bisa terjadi untuk itu.

Jika Anda memiliki anak yang berjuz 2 maka bersyukurlah karena anda memiliki anak yang bertipikal pekerja keras, tahan banting. Surat Al-Baqarah yang dimilikinya melahirkan potensi yang luar biasa pada dirinya sehingga ia tahan banting di medan tugas yang sarat dengan tekanan.

Comments are closed.

%d bloggers like this: