Hasil Analisa Awal : JUZ 23


Secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 23 memiliki potensi dan karakter dasar sebagai berikut ;

  • Pengaruh Surat ini pada orang yang dipayunginya melahirkan kesadaran mudah untuk untuk taat. Jika dominan potensi ini maka cendrung mudah diatur . Umumnya juga cendrung menyukai spiritual (Al-Mu’minuun)
  • Cendrung misterius, sulit ditebak atau sangat protektif atas dirinya Umumnya penampilannya yang muncul pertama kalinya adalah agak pendiam.(Yaasin)
  • Tipikal pekerja menurut aturan (Ash-Shoffat)
  • Cendrung misterius, sulit ditebak atau sangat protektif atas dirinya Umumnya penampilannya yang muncul pertama kalinya adalah agak pendiam. (Shaad)
  • Menyukai keramaian atau berkelompok dan lupa jika telah asyik berkelompok. (Az-Zumar)
  • Menyukai berkumpul baik positip atau negatif tergantung manajemen dirinya.(Al-Jumu’ah)
  • Semangat yang tinggi dalam belajar – dan ada potesi berbakat menjadi penulis. (Al-Qolam)
  • Lama memendam kemarahan (Al-Ghosyiyah)
  • Berpotensi bijak (Luqman )
  • Memiliki potensi verbal yang baik (Al-Anbiyaa)
  • Memiliki potensi mampu membongkar rahasia fenomena ayat-ayat Allah baik bersifat Kauniyah (alam semesta) ataupun Qur’aniyah – tergantung modal ilmu yang dimilikinya. Ada kecendrungan menyukai bidang spiritual(Al-Israa)
  • Sangat sensitive, perasa dan saying keluarga (An-Nisaa)
  • Sebagaimana hidangan yang secara alami mengundang banyak orang – begitu pula orang yang dipengaruhi surat ini. Ia mudah menyebabkan orang mengeksploitasi dirinya. Akan tetapi, jika memiliki potensi lainnya yang kuat maka justru ia dapat menjadi orang yang banyak dibutuhan. (Al-Maidah)
  • Fokus pada keluarga (Ali-Imran)
  • Jika seseorang dipayungi Surat ini – maka ia memiliki potensi gampang mencela perbuatan atau tindakan orang. Tentu saja ini sangat berbahaya bagi orang tersebut – sehingga jika dominan apapun yang dilakukan orang akan dikomentari secara negatip. Akan tetapi, jika ia mampu mengendalikannya maka ia akan sangat tajam analisa dan sikap kritisnya sangat bagus (Al-Humazah)

ANALISIS
Potensi-Potensi diatas adalah potensi dan karakter dasar orang yang ber-Juz 23. Secara umum orang yang ber-Juz 23, pada awalnya cendrung intropert – menyukai kesendirian. Akan tetapi potensi Az-Zumar yang ada ada dirinya-menyebabkan ia juga menyukai ber-kumpul bersama komunitasnya, namun secara umum diamnya selalu menghiasai dirinya. Walaupun demikian, bukan berarti orang Juz 23 tidak mampu untuk berkomunikasi verbal dengan baik – bahkan, justru mereka memiliki talenta yang baik untuk itu.

Potensi yang menonjol lainnya – mereka menyukai belajar, bahkan jika dikembangkan kemampuan menulisnya juga cukup baik. Juga – sikap bertanggung jawab dan sayangnya kepada keluarga cukup tinggi.
Mengenai potensi spiritualnya – potensi Al-Isra menggenapkan potensi Al-Mu’minun dan Luqman yang on boot pada dirinya. Jika komposisi ini dikembangkan maka – bidang konsultan spiritual cocok buat dirinya. Juga, dengan Al-Isra yang dimilikinya maka ia memiliki kemampuan untuk membaca fenomena ayat-ayat Allah – baik itu pada alam semesta atau pada Al-Qur’an. Tentu saja semuanya tergantung modal ilmu yang ia milikinya.
Akan tetapi, sayangnya jika potensi intropertnya yang berkembang pesat dan potensi semangat belajarnya tidak dikembangkan dengan baik maka dapat menyebabkan kekecewaan yang sangat mendalam dan tentu saja dapat menyebabkan potensi frustasi yang sangat mendalam.

2 Responses to Hasil Analisa Awal : JUZ 23

  1. shofi mirwani says:

    Assalammulaikum Pak,

    Mohon bantuannya untuk mengetahui juz diri saya
    Nama : shofi mirwani
    Tgl Lahir : 09/10/1986

    email: piluphli@yahoo.co.id
    Terima kasih Pak.
    Wassalam

  2. EYANKGHAIB says:

    Spada😉

%d bloggers like this: