Hasil Analisa Awal : Juz 30


Juz 30 yang dikenal sebagai Juz ’Amma adalah Juz yang paling spesifik dari berbagai sisi. Ia terdiri dari 37 Surat-Surat pendek dengan total ayat sebanyak 564 ayat. Juz 30 memiliki ‘ain paling banyak dibandingkanJuz-Juz lainnya; yaitu ada 39 ‘ain. Dengan demikian, Juz 30 adalah satu-satunya Juz yang paling banyak isinya baik jumlah ayat, Surat, halaman serta tanda ‘ainnya.

Ada indikasi kuat Juz 30 adalah model manusia yang seluruh potensi ke 29 Juz lainnya ada pada dirinya. Juz 30 bagaikan kesimpulan dari ke 29 Juz dan tempat berkumpulnya berbagai talenta dan potensi dasar manusia. Jelas, ini adalah potensi yang sangat kompleks, rumit serta luar-biasa.

Dengan komposisi berkumpulnya berbagai potensi serta karakter Surat-Surat Al-Qur’an secara keseluruhan menyebabkan sulitnya kita menganalisis potensi dasar Juz 30. Mengingat semua potensi yang terkadang saling bertentangan berkumpul menjadi satu dalam suansana yang sangat heterogen.

Memang pada setiap Juz, kita akan temukan adanya 2 potensi yang sangat bertentangan berkumpul menjadi satu-namun kondisi pada Juz 30 lebih sangat kompleks dan heterogen.

Jika sinar berwarna putih disatukan dengan warna hijau – dengan tidak terlalu sulit kita melihat kemungkinanwarna yang akan muncul, namun jika berbagai warna dengan berbagai presentasenya berkumpul menjadi satu – jelas kita akan lebih kesulitan lagi.

Saya berpendapat berdasarkan pengalaman – peranan tanggal kelahiran sangat besar pengaruhnya atas karakter dan potensi dasar seseorang yang ber-Juz 30. Artinya, orang-orang yang ber-Juz 30, karakter yang muncul dan menonjol dipermukaan tergantung banyak pada potensi tanggal kelahirannya yang dirujuk kepada Juz 30 tersebut.

Untuk itulah, saya ketika menyimpulkan potensi Surat tidak dijelaskan sebagaimana pada ke 29 Juz lainnya – mengingat Surat-Surat yang ada juga telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu – semua potensi tersebut pengaruhnya akan berbeda karena berkumpul banyaknya berbagai Surat dan biasnya menjadi satu yang berimplikasi saling mempengaruhi, saling bertolak-belakang dan saling bertempur satu sama lainnya.

Dengan realitas tersebut – potensi dasar apapun dari Juz 30 yang muncul adalah hasil pertempuran potensi dasar yang dimilikinya serta gabungan berbagai potensi yang saling mendukung satu sama lainnya. Ketika Anda melihat Juz 2 – Anda melihat temperamentalnya sangat terasa karena padanya ada potensi Surat Al-Lahab, namun Al-Lahab yang ada pada Juz 30 pasti umumnya tidak berperan maksimal – kecuali ada pada struktur tanggal kelahirannya yang setelah dirujuk Juz tersebut melahirkan Surat Al-Lahab. Artinya, jika ada Juz 30 namun sangat temperamental umumnya karena ada pada struktur tanggal kelahirannya Surat Al-Lahab.

ANALISIS

Dengan realitas komposisi Struktur Juz 30 yang sepesifik dan kompleks – tentu saja kita sangat kesulitan menganalisis potensi dasar yang menjadi model umum Juz 30. Mungkin tidak salah jika kita sebut Juz 30 adalah miniaturnya dari Al-Qur’an. Disini saya hanya mencoba melihat Juz 30 dengan lebih merujuk kepada pengalaman dilapangan.

Seorang yang ber-Juz 30 dengan potensi yang seperti itu menyebabkan ia banyak dibutuhkan orang. Konsultan dan pengayom umat adalah diantara kemampuan serta talenta yang dimilikinya. Juga, Ain nya yang berjumlah 39 menunjukkan daya dan jangkauan pandangannya jauh melebihi potensi dari Juz-Juz lainnya.

Dilapangan saya melihat potensi dari Juz 30 yang paling menonjol yaitu kemandiriannya yang kuat, kedekatannya kepada ibunya, berani berkorban demi keluarga bahkan acap kali boros, sangat sayang dan tanggung-jawab kepada keluarga, berpikir logis, sering memendam kemarahan, semangat mengejar target, sensitif dan bervisi jauh.

One Response to Hasil Analisa Awal : Juz 30

  1. Nurkhariri says:

    nama saya Nurkhariri ..

    tanggal lahir 08-09-1963

    jika pengobatan dengan al-qur’an.juz apa yg di pakai.?

    terima kasih.

%d bloggers like this: