Hasil Analisa Awal : JUZ 4


Secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 4 memiliki potensi dan karakter dasar yang dipengaruhi Surat-Surat berikut ;

1. Obsesi yang kuat untuk membangun keluarga (Ali-Imran)

2. Tulus dan tanggung jawab kepada keluarga, sangat sensisitif, perasa – terkadang lemah/takut berlebihan untuk/ketika menghadapi konflik atau benturan dan ekstrimnya kurang PD. (An-Nisaa)

3. Pandai menutupi sesuatu pada dirinya dan memiliki potensi pandai berdiplomasi (Al-Kafiruun)

4. Cendrung dapat menerima dan percaya sesuatu dan mudah diajak untuk taat (Al-Mu’minuun)

5. Cendrung menyukai misteri-mistis-spiritual dan semangat mengayomi yang tinggi (Al-Kahfi)

6. Tipikal anti kejumudan, menyukai pencerahan spiritual dan berani berkorban demi orang lain dan kebenaran (Ibrahim)

7. Ada potensi sulit dikendalikan atau liar jika sedikit saja salah menerima pendidikan (Huud)

8. Polos, mudah dieksploitasi dan acapkali beban dan kesedihannya disimpan pada hatinya (Yusuf)

ANALISIS

Orang Juz 4 umumnya low profil, tampak pada pandangan pertama kita melihatnya ia agak pendiam. Akan tetapi jika ia telah beradabtasi sedikit saja maka ia tidak kelelahan untuk diajak ngobrol panjang. 4 adalah nomor Surat An-Nisa yang berarti perempuan, sebagaimana kebanyakan kaum wanita yang senang ngobrol atau berkumpul – begitu pula umumnya orang yang ber-Juz 4.

Selain itu orang ber-Juz 4 pandai menyimpan sesuatu pada dirinya – lagi mereka pandai dalam berdiplomasi, membenci kejumudan dan menyukai pencerahan. Akan tetapi, sebagaimana wanita yang sering mengedepankan perasaannya begitu pula orang yang ber-Juz 4. Ia sangat sensitif, peka, mudah hanyut dalam kesedihan dan tidak dapat berkata tidak kepada orang yang memohon bantuan kepada dirinya.

Parahnya jika dominan potensi An-Nisa-nya, sering menyebabkan kurangnya rasa PD dan takut berlebihan ketika menghadapi urusan. Rasa mengalah kepada orang lain tampaknya begitu tinggi-tentu saja sikap ini jika berlebihan sangat tidak baik baginya, apalagi jika lahir dari rasa takut yang berlebihan semata pada dirinya.

Sebaiknya anak Juz 4 dibina dalam pendidikan yang dapat membangkitkan keberaniannya untuk menghadapi kerasnya kehidupan, sehingga ia tidak cengeng, minder serta berani berhadapan dengan kerasnya kehidupan.

Kelebihan yang paling menonjol dari orang Juz 4 yaitu rasa tanggung jawab dan sayangnya kepada anak serta pasangan hidupnya. Jika orang yang ber-Juz 4 itu perempuan maka ia jadilah ia wanita yang hangat dikeluarga dan penuh perhatian dirumah. Jika ia pria, maka betapapun – ia sangat perhatian dan penuh tanggung jawab kepada anak dan istrinya. Biasanya, suami yang ber-Juz 4 tidak akan canggung lagi untuk membantu istrinya didalam mengurus bayinya sampai urusan cuci popok anaknya sekalipun. Akan tetapi, orang yang ber-juz 4 – dapat mudah menjadi liar jika saja ia sedikit saja menerima pola asuh (pendidikan) yang salah.

Comments are closed.

%d bloggers like this: