Hasil Analisa Awal : JUZ 7


Secara umum karakter dan potensi dasar dari Juz 2 adalah sebagai berikut;

  • Sebagaimana hidangan yang secara alami mengundang banyak orang, begitu pula orang yang dipengaruhi surat ini. Ia mudah menyebabkan orang mengeksploitasi dirinya. Akan tetapi, jika memiliki potensi lainnya yang kuat maka justru ia dapat menjadi orang yang banyak dibutuhkan (Al-Maaidah)
  • Produktif (Al-An’am)
  • Jika kurang spiritualnya maka pengaruhnya mudah terjebak pada kondisi merasa lebih tinggi atau mulia dari yang lain, dan cendrung mudah jatuh. Jika potensi ini ditempatkan secara tepat maka umumnya mereka akan selalu menjadikan paradigma hidupnya begitu tinggi yaitu pada tempat yang tertinggi sesuai dengan pandangan hidupnya.(Al-A’raf)
  • Berpotensi memiliki sifat sulit ditebak, hal ini karena memiliki 2 atau lebih surat mutasyabihat yang nama suratnya sama dengan ayat pertamanya, seperti Surat Yasin, Shaad, dan sebagainya. Selain karakter susah ditebak orang dengan karakter juz ini juga cendrung pendiam atau pada awal penampilannya (Shaad)
  • Suka menolong orang (An-Nashr)
  • Menyukai Iptek atau eksplorasi (Sabaa)
  • Kemandirian dan cenderung kaya spiritual (Maryam)
  • Seperti halnya petir yang menakutkan, begitupula orang yang dipengaruhi surat ini jika marah maka akan keluar dari mulutnya suara yang menakutkan. Umumnya jika marah kata-katanya tajam dan dapat menusuk perasaan. Juga cendrung memiliki potensi spiritual yang besar pada dirinya (Ar-Ra’du)
  • Tipikal manusia yang penuh tanggung-jawab dan penuh kasih kepada keluarga. Juga sangat sensitif, perasa, dan mudah hanyut dalam kesedihan. Jika pada seorang pria karakter surat An-Nisa dalam juz ini cukup dominan maka cendrung membentuk kepribadian yang lemah.(An-Nisa)

ANALISIS
Yang paling menonjol dari Juz 7 adalah kemandiriannya kuat, namun hubungan yang sangat dekat dengan ibunya sehingga terkadaang kemanjaan sering timbul pada dirinya. Jelas, jika anda memiliki anak berjuz 7 maka anda perlu mencegah kemanjaan pada dirinya berkembang pesat sehingga sangat tidak sehat bagi masa depannya kelak.

Selain itu, orang berjuz 7 suka membantu orang, eksplorasi, dan inovasi-inovasi baru. Juga, umumnya mereka memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar pada bidang Iptek, serta mulutnya tajam. Jika tidak terkendali orang yang berjuz 7 mudah merasa ditempat yang tinggi sehingga ia ceroboh atau merasa lebih dari yang lain.


Secara umum orang yang berjuz 7 juga sangat sensitif, perasa, dan sangat sayang pada keluarganya. Kelebihan lain dari orang Juz 7, mereka memiliki potensi mistis atau kaya spiritual. Jika saja potensi tersebut diasah secara baik maka mereka akan memiliki berbagai kelebihan di luar nalar, terlebih lagi pada dirinya sendiri, potensi surat Maryam dan Ar-Ra’du yang energinya sangat besar.

Comments are closed.

%d bloggers like this: